Label

Minggu, 20 Januari 2013

Fisika Sebagai Ilmu Pengetahuan Terapan

Saat anda pertama kali mendengar kata FISIKA pikiran yang ada dikepala mungkin tidak akan jauh dari kata SUSAH, itu sudah tidak lagi menjadi hal yang aneh karen dapat dibilang fisika adalah ilmu pengetahuan yang membutuhkan kerja otak lebih.Tapi bukan kah ada pepatah yang mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang. Disini saya tidak akan menjelaskan rumus rumus fisika yang banyak dan sulit sulit, tapi saya hanya akan menjelaskan apa itu fisika sedikit lebih dalam dari kaca mata lain.

Saat ini fisika telah dinobatkan sebagai "King of Science" dan disandingkan dengan matematika sebagai Queen dan Kimia sebagai Prince, title itu tidak lah asal disematkan begitu saja banyak hal yang menyebabkan hal itu terjadi. Fisika adalah suatu ilmu eksak yang memiliki sifat deduktif hal itu dikarenakan fisika itu merubah hal yang khusus ke umum berbeda dengan matematika yang bersifat induktif yaitu dari hal yang bersifat umum ke khusus. Fisika meneliti gejala gejala yang terjadi disekitar kita dari atom sebagai ukuran terkecil sampai alam semesta ini tidak luput diteliti oleh ilmu fisika.

Jika Matematika membuat rumus rumus agar dapat kita gunakan untuk kehidupan sehari hari, berbeda dengan fisika yang menganalisis gejala gejala alam sehari hari lalu disederhanakan menjadi sebuah rumus agar dapat dimengerti oleh oleh manusia mengapa itu bisa terjadi dan agar kita juga dapat melakukan maarifatullah. Namun sering kali kita menganggap bahwa rumus rumus fisika itu hanya sangat sulit untuk diingat dan seakan kan tidak ada manfaat. Tapi hal itu tidak akan terucap bila kita kenal bahwa fisika itu menyerhanakan hal yang sebenarnya lebih rumit dari sekedar rumus.

Kegemilangan fisika tidak berhenti dalam hal itu saja, fisika telah mencakup ilmu pengetahuan lain sebagai cakupan ilmunya yaitu matematika, biologi bahkan kimia adalah anak dari fisika dan fisika sebagai ilmu pengetahuan terapan sudah digunakan sebagai dasar bagi ilmu ilmu lain khususnya bidang teknik. Teknik sipil sebagai teknik tertua menggunakan vektor, kesetimbangan dll. Ada juga teknik Elektro yang menggunakan Fisika Elektronika dan masih banyak ilmu ilmu lain yang menggunakan fisika sebagai dasarnya. Maka tak mengherankan fisika disebut sebagai King of Science.

Namun semua kegimilangan itu semua tidak bisa menampik bahwa fisika pula punya masa kelam. Pada zaam abad pertengahan dimana ilmu pengetahuan berkembang sangat pesat hingga hampir semua hal dapat dijelaskan secara ilmiah, akrena perekbangan itulah membuat ahli fisika bersama ahli matematika dicap oleh pihak agamis sebagai ilmu sesat karena menampik kekuasaan tuhan yang mutlak. Salah satu tokoh yang mengalami hal itu adalah Galileo, bahkan perkumpulan ilmiah yang dia ikuti diaanggap sebagai organisasai ilegal yang mengancao ajaran agama. Namun hal itu tidak serta merta membuat para ahli fisika dan matematika menyerah untuk mengembangkan ilmunya dan berusaha membuktikan bahwa ilmu pengetahuan sejala dengan kuasa tuhan dan tidak menyimpang dari hal itu.

Tapi semua hal tentang fisika ini saya harap dapat sedikit merubah persepsi negatif tentang fisika, karena tidak mungkin kita hidup tanpa ilmu pengetahuan apapun itu baik fisika, matematika, ilmu sosial dan ilmu yang lainya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Mohon luangkan waktu sebentar untuk memberi sedikit komentar atau saran, ini demi kemajuan blog ini Terimakasih Banyak ^_^